Blog - SAS Hospitality

Pilihan tepat model pengelolaan hotel


Berita - Sas Hospitality

Menjalankan bisnis hotel erat kaitannya dengan model pengelolaan hotel. Mulai dari independent hotel alias mengelola sendiri dengan managemen yang dibentuk oleh pemilik hotel, chain hotel atau grup hotel yang kini menjadi pilihan banyak pilihan hotel, hingga pengelolaan a la Condotel. Pelajari model pengelolaan hotel di bawah ini agar tidak salah pilihan.

  • Independent Hotel

Disebut dengan Independent Hotel adalah karena pengelolaan hotel tersebut dikelola dengan management sendiri yang di bentuk oleh pemilik hotel. Banyak contoh hotel yang sukses di dunia ini meskipun sebagai hotel Independent tanpa mengandalkan jaringan. Di Indonesia terdapat Hotel Mulia, yang bahkan Kualitasnya melebihi hotel Internasional Chain.

  • Chain Hotel

Chain, atau dalam Bahasa Indonesia berarti rantai atau jaringan dapat dimaknai sebagai sebuah Group hotel yang mempunyai banyak property di berbagai tempat, sehingga dapat Membuat jaringan, dimana Brand, kualitas product dan service, serta sistemnya dibuat seragam. Dengan demikian dari satu hotel ke hotel lainnya dapt memaksimalkan penjualan dengan menggunakan promosi bersama dan optimalisasi tamu-tamunya. Terdapat banyak sekali Chain Hotel di Indonesia, baik loka maupun Internasional. Brand Internasional yang mempunyai banyak hotel di Indonesia, mislanya Accor Hotel, starwood, swiss bell dan sebagainya. Sedangkan untuk Local Chainnya adalah Santika, Harris, Aston dan lain-lain.

  • Franchise Hotel

Hotel dengan model pengelolaan model Franchise seperti ini, berarti bahwa Pemilik Hotel hanya memakai nama Hotelnya, menggunakan standard-standard yang ada, namun tanpa adanya keterlibatan pengelolaan dari pemilik Brand tersebut. Kebanyakan Pengelolaan model Franchise seperti ini dimiliki oleh perusahaan-perusahaan dari Amerika, seperti Choice Hotel, wyndam, dan lain-lain.

  • Time share Hotel

Model pengelolaan Time share biasanya banyak diterapkan di tipe resort, dimana para pelanggan membayar sejumlah uang tertentu untuk menjadi anggota dan diberikan kesempatan untuk menikmati fasilitas resort dan tinggal di kamar-kamarnya dengan batasan penggunaan tertentu selama satu tahun.

  • Condotel

Condotel adalah apartment yang dimiliki oleh banyak orang, dan dikelola oleh Operator Hotel kemudian dikual dan dipasarkan layaknya sebuah Hotel. Pemilik Condotel tersebut akan menikmati keuntungan tiap tahunnya yang dibagikan oleh pengelola setelah dipotong biaya operasional dan pengelolaan. Disamping pembagian keuntungan tersebut, pemilik akan mendapatkan kesempatan untuk tinggal di Condotel dengan jatah pemakaian tertentu setiap tahunnya.

Sumber: Step by step opening hotel by Martono Tikjanto