Blog - SAS Hospitality

Bisnis hotel, pastikan pelajari tingkatan service dan tipe pelanggan agar tepat sasaran


Berita - Sas Hospitality

Sebagai pengusaha bisnis hotel, memahami chain scale berarti memahami posisi Anda di lanskap yang lebih besar di industri ini. Chain scale dirancang sebagai metode untuk mengelompokkan dan membandingkan merek-merek hotel dengan tarif kamar rata-rata menggunakan data yang ada di lapangan. Chain scale telah tumbuh menjadi bagian penting industri ini untuk mengetahui posisi hotel dan pesaingnya. Jika chain scale dibagi menjadi kategori besar, maka ada 3 bagian, mulai dari upmarket/luxury hotel, mid-market/mid-range hotel, dan budget/economy hotel.

  • Upmarket/Luxury Hotel

Adalah level service untuk kelas bintang 5 ataupun boutique hotel dengan nieche market untuk kalangan atas. Dalam penerapannya, hotel Luxury tidak selalu berlabel Bintang 5 karena beberapa hotel/villa bahkan tidak menyebutkan bahwa mereka bintang lima, tapi semua orang memahami bahwa kualitas product dan sevicenya adalah Luxury, Seperti Aman Resort misalnya.  

  • Mid- Market/Mid- Range Hotel

Secara kelas bintang, Hotel yang masuk kedalam Mid market ini adalah hotel bintang 3 sampai dengan bintang 4, karena di level ini pasarnya adalah kelas ekonomi menengah yang membutuhkan service dan product yang lengkap tetapi tidak berlebihan.

  • Budget/Economy Hotel

Disebut dengan Budget Hotel, karena hotel dengan tingkatan service yang hanya menyediakan pada hal yang dasar saja, yaitu kebutuhan tidur dan mandi. Beberapa hotel menyediakan restoran dengan makanan dan makan pagi yang sangat sederhana.

Tak hanya memperimbangkan posisi hotel pada chain scale yang akan kita ambil, membidik pelanggan yang tepat juga menjadi hal penting dalam industri ini. Secara garis besar, dunia perhotelan dibagi menjadi delapan kategori berdasarkan tipe pelanggannya, diantaranya:

  • Business Hotel

Hotel komersial seperti umumnya, dimana kebanyakan tamu yang datang bertujuan untuk urusan bisnis.

  • Conference Hotel

Hotel yang market utamanya adalah mereka yang mengadakan meeting, sehingga hotel dengan tipe pelanggan ini akan banyak menyediakan ruangan-ruangan pertemuan.

  • Convention Hotel

Sama dengan conference, namun untuk jenis hotel convention ini, pertemuan-pertemuannya biasanya dalam skala besar, ditambah lagi dengan exebisi ataupun kegiatan-kegiatan lainnya yang membutuhkan convention Hall.

  • Transient Hotel

Transient adalah tipe hotel dengan pelanggan yang hanya membutuhkan tempat tinggal untuk transit, dari beberpa jam sampai dengan satu hari. Sehingga fasilitasnya sedikit sekali, dan kebanyakan tanpa ruang pertemuan. Contoh dari transient hotel ini adalah Airport Hotel.

  • Boutique Hotel

Batasan Hotel yang disebut dengan kategori boutique ini sangatlah Bias karena definisinya akan berbeda dari satu orang ke lainnya, Namun sebagai benag merah dari pengkategorian Boutique ini adalah hotel yang berkonsep Luxury, kualitas Servis tingkat tinggi dan terdapat keunikan dari desain dan productnya.

  • Residential Hotel

Hotel dengan tipe pelanggan Residential, adalah hotel yang menyediakan fasilitas layaknya rumah tinggal, umumnya seperti apartment, dimana kebutuhan sehari-hari tamu seperti memasak, mencuci dan lainnya terpenuhi didalam kamar. Hal tersebut dimungkinkan karena tipe tamu ini adalah tipe tamu yang tinggal lama.

  • Bed and breakfast

Sesuai dengan namanya, Bed and Breakfast atau yang biasa disingkat  dengan B & B adalah hotel budget yang hanya menyediakan fasilitas kamar dan mmakan pagi saja, tanpa fasilitas pendukung lainnya seperti fitness, kolam renang, dan lain-lain. Tipe tamu untuk jenis hotel ini adalah mereka yang hanya membutuhkan tempat untuk tidur saja karena unsur kepraktisannya.

  • Cassino Hotel

Seperti namanya, Cassino hotel ini adalah hotel pendukung untuk kegiatan Cassino itu sendiri, tamu-tamunya umumya adalah pengguna cassino baik yang berbayar ataupun menjadi compliment untuk tamu-tamu VIP Cassino tersebut.

Sumber: Back on the chain scale by Hotel News Now (http://www.hotelnewsnow.com/Articles/27495/Back-on-the-chain-scale)
Step by step opening hotel by Martono Tikjanto