Blog - SAS Hospitality

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menentukan nilai ekonomis sebuah lokasi


Berita - Sas Hospitality

Tidak semua lokasi yang kita anggap strategis mempunyai nilai ekonomis yang mencukupi. Bisa saja terjadi karena harga tanahnya yang terlalu mahal, Ijin Mendirikan Bangunannya yang tidak bisa maksimal dan beberapa kendala lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan Untuk menentukan apakah sebuah lokasi mempunyai nilai ekonomis ataukah tidak.

 

Buat perhitungan maksimalnya

 

Dari ijin-ijin yang sudah didapatkan tersebut, buatlah simulasi perhitungannya berapa luas maksimal bangunan  yang dapat didiirikan di lokasi terebut. Setiap lokasi, tergantung dari bentuk tanahnya akan berbeda masing- masing luasan bangunannya. Bisa jadi luasan tanah yang sama dengan bentuk tanah berbeda, akan berbeda pula luasannya. Ini penting untuk dilakukan agar kita mendapatkan luasan yang maksimal untuk lokasi tersebut, dengan demikian investor akan mengetahui nilai ekonomis maksimal dari hotel akan dibangun.

Sebagai Rule of Thumb, atau perhitungan umum yang biasa dipakai, pembangunan bangunan hotel akan bernilai ekonomis, apabila harga bangunan minimal lima kali lipat harga tanah, sebagai patokan bahwa harga tanahnya tidak over price.

Teliti dan konfirmasi rencana kedepan dari tata kota

Hal lain yang penting dilakukan untuk memastikan apakah lokasi yang akan dibangun hotel tersebut bernilai ekonomis ataukah tidak, adalah dengan mengkonfirmasi lokasi kita kebagian tata kota, bagaimanakah peruntukan dan pengembangan kedepan.

Misalnya apakah jalan didepan lokasi kita akan direncanakan untuk dilebarkan, dirubah arahnya, ataukah akan didirikan bangunan umum dan sebagainya. Penelitian ini nantinya akan memberikan gambaran ke investor apakah beberapa tahun kedepan lokasi kita akan meningkat nilai ekonomisnya ataukah malah akan mengalami penurunan.

Sumber:

Step by step opening hotel by Martono Tikjanto